Billiat kelelahan yang mengakibatkan tidak ikut

BilliatBilliat kelelahan yang mengakibatkan tidak ikut dalam kualifikasi Piala Afrika untuk Zimbabwe

Penyerang Mamelodi Sundowns Khama Billiat tampaknya harus beritirahat dan tidak tampil untuk Zimbabwe pada kualifikas turnamen Piala Afrika 2017 dengan melakukan laga tandang ke Guinea awal bulan depan nanti.

Tim manajer Calisto Pasuwa telah mengamankan tiket kualifikasi maju secara otomatis di Grup L denga masih satu putaran kualifiksai tersesi dan sudah dapat melihat ke depan untuk putaran final di bulan Januari di Gabon.

Billiat adalah salah satu pemain yang mempunyai peran penting dari suksesnya penampilan pertama Zimbabwe di Piala Afrika dalam satu dekade ini, tapi dia bisa dikatakan tidak dapat menikmati permainannya di level klub bersama Sundows yang mengikuti Liga Champions CAF.

Waspada terhadap efek kelelahan yang akan terjadi pada salah satu pemain bintangnya menjelang putaran final Piala Afrika, Pasuwa sangat serius untuk mempertimbangkan mengistirahatkan Billiat agar dia dapat bermain secara maksimal pada waktunya di bulan Januari nanti.

“saya akan mengatakan kabar tentang masalah Khama Billiat adalah sesuatu yang serius akan kami perhatikan”. Kata Pasuwa kepada Herald Daily pada hari Selasa”.

“dia sama sekali tidak dapat beristirahat jika kalian ingin tahu, seperti yang anda tahu juga bahwa Mamelodi Sundowns terus berusaha berjuang di Liga Champions CAF dan sementara tim yang lain sedang beristirahat untuk bertanding di liga kecil mereka. Dan sekarang akan terlihat terlalu berlebihan jika kami memintanya untuk melakukan perjalanan panjang ke Guinea hanya untuk bertanding dimana kami telah melewati babak kualifikasinya yang dimulai di Afrika Selatan”.

Billiat memulai musim yang sangat hebat di Absa Premiership musim lalu, memainkan peran utama dalam suksesnya pertandingan Sundowns mencapai juara liga dan mendapatkan perhargaan pemain Afrika Selatan terbaik pada musim tersebut.

Sebuah langkah antisipasi untuk berlaga di liga Eropa yang sajauh ini gagal terwujud, tapi Pasuwa berusah untuk membangin fisik dan penampilan Billiat agar nantinya di lirik oleh liga Belgia. Seperti apa yang telah dilakukan oleh Musona yang berhasil mengupayakan para pencari bakat untuk melihat pemain di partai puncak Piala Afrika

“kita semua memerlukan Khama agar dia tetap bugar dan fit untuk memberikan yang terbaik setiap dia bertanding dan waktu itu saya harus membangku cadangkannya terlebih dahulu melawan Swaziland di kandang. Kami perlu terus memantau pemain ini dan mengelola bagaimana kita menggunakannya untuk mendapatkan hasil yangterbaik dari mereka”, kata Pasuwa.

Pasuwa tidak akan kekurangan pilihan pemain di depan di Guinea nanti. dengan tidak adanya Billiat, mungkin akan memakasi Evans Rusike, Mathew Rusike dan Kuda Mahachi, semua pemain tersebut ingin tampil dengan baik di petandingan Piala Afrika.